Others

Beberapa Ciri Obesitas Pada Anjing Dan Cara Penanganan Yang Tepat

Beberapa Ciri Obesitas Pada Anjing Dan Cara Penanganan Yang Tepat

Anjing merupakan sahabat manusia. Meskipun beberapa anjing nampak seperti menyeramkan dan akan sedia kapanpun untuk menerkam kita, namun anjing sangat loyal kepada kita. Anjing merupakan hewan pemakan daging. Sebagian besar spesies mereka sangat suka daging. Jika anda hendak memelihara hewan ini, anda jangan khawatir sebab anjing dapat mengonsumsi makanan hewan dalam kemasan sebagai menu utama harian mereka.

Makanan hewan dalam bentuk kemasan untuk anjing memang sudah tersedia banyak di pet shop ataupun retail yang menjualkan pakan anjing hewan peliharaan. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anjing, penyedia makanan hewan dalam kemasan menyediakan makanan dalam bentuk kering maupun basah. Namun, makanan dalam bentuk kering cenderung banyak diberikan kepada anjing sebagai menu utama makanan harian mereka.

Jika anda menggunakan makanan dalam kemasan sebagai menu utama makanan anjing anda, maka anda dapat memberikan makanan dalam kemasan yang terbuat dari daging alami dan tidak menggunakan pengawet. Selain itu, makanan anjing dalam bentuk kemasan juga harus disesuaikan dengan kondisi mereka dan kebutuhan nutrisi mereka. Pemberian makanan anjing pun harus sesuai takaran yakni dua hingga tiga kali sehari.

Sama halnya dengan kucing, anjing mudah sekali mengalami obesitas karena konsumsi makanannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari konsumsi porsi makanan yang besar hingga anjing yang tidak menyukai kegiatan fisik. Berikut merupakan ciri anjing obesitas yang dapat anda kenali :

  1.     Tulang rusuk anjing tidak nampak karena tertimbun lemak
  2.     Leher anjing semakin memendek karena lipatan lemak
  3.     Badan anjing terlihat seperti gumpalan kapas
  4.     Perut anjing membesar dan menggantung seperti buncit

Jika anda menemukan ciri – ciri anjing obesitas diatas, maka sebaiknya anda memeriksakan kesehatan anjing anda ke dokter ataupun mulai menjalani pola diet ketat untuk anjing anda. Hal ini dilakukan karena anjing yang terlalu gemuk akan menyulitkan mereka bergerak. Selain itu, tumpukan lemak akan berpengaruh kepada kesehatan mereka yang menyebabkan banyak penyakit pada anjing anda. Memang terlihat menggemaskan namun sangat beresiko terhadap kesehatan anjing anda.

Dengan panduan ciri anjing obesitas diatas, anda dapat mulai memberi porsi makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan harian anjing anda. Kebutuhan harian anjing tersedia dalam makanan anjing yang berkualitas karena menurut kepada standar AAFCO. Anda dapat memberikan anjing anda makanan sesuai kelasnya yakni mini, medium ataupun large. Selain itu, anda dapat memulai untuk mengajak anjing anda bergerak agar membakar lemak dalam tubuh mereka.

Ciri – ciri anjing obesitas akan menyulitkan mereka bergerak. Dimana hal tersebut akan berpengaruh kepada kesehatan persendian mereka. Sendi gerak mereka akan kesusahan menopang tubuh mereka yang mengakibatkan penyakit.