Others

Ternyata Inilah Beda Robusta dan Arabica yang Paling Menonjol

Ternyata Inilah Beda Robusta dan Arabica yang Paling Menonjol

Meskipun Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar, sayangnya masih banyak masyarakatnya yang belum paham soal kopi. Bahkan, banyak yang tidak tahu beda robusta dan arabica sehingga masih banyak yang salah paham. Padahal, kedua kopi tersebut memiliki kandungan serta senyawa yang berbeda sehingga bisa menimbulkan efek berbeda bagi tubuh.

Perbedaan Antara Kopi Robusta Dengan Arabika

Meskipun sekilas terlihat sama, kopi robusta dan arabika ternyata memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Agar Anda tidak salah saat membeli berikut beberapa perbedaan antara kopi robusta dengan arabika yang umum dikenal dan mudah dikenali.

  1. Bentuk biji kopi

Sekilas, kedua jenis kopi tersebut memiliki perbedaan dari segi bentuk serta garis yang melintang di bijinya. Biji kopi robusta terlihat lebih bulat dan padat sementara kopi arabika lebih lonjong dan pipih. Dari segi ukuran, kopi robusta memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika sehingga bisa dengan mudah dibedakan.

  1. Rasa dan aroma

Rasa kedua jenis kopi tersebut sebenarnya cukup menonjol. Jika kopi robusta cenderung memiliki rasa yang netral maka kopi arabika memiliki cita rasa yang lebih kaya. Ada berbagai varian kopi arabika yang memiliki rasa manis, asam, pahit dan sebagainya. Sementara itu, kopi robusta cenderung memiliki rasa yang kuat dan cenderung pahit.

Selain itu, dari segi aroma ternyata kopi arabika dan robusta juga memiliki perbedaan yang mencolok. Jika kopi arabika cenderung beraroma bunga atau buah-buahan maka kopi robusta memiliki aroma seperti kacang-kacangan.

  1. Kandungan kafein

Kandungan kafein dalam kopi robusta cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan arabika. Oleh sebab itu, kopi robusta cocok dikonsumsi saat bekerja. Kandungan kafein yang tinggi bisa membantu Anda tetap segar dan fokus selama menjalankan tugas.

  1. Tempat tumbuh

Dibandingkan dengan kopi robusta, tanaman kopi arabika hanya bisa tumbuh di dataran tinggi saja. Hal ini dikarenakan kopi arabika membutuhkan hawa yang sejuk agar bisa tumbuh optimal tanpa serangan hama daun. Sementara itu, kopi robusta bisa hidup di dataran rendah yang cenderung hangat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Kopi arabika nikmat di rumah sendiri

Mengingat semua kelebihan yang dimilikinya maka tidak heran jika kopi arabika memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan kopi robusta. Selain cita rasa dan aroma yang unik ternyata tanaman kopi arabika juga membutuhkan perawatan yang lebih intens.

Untungnya, bagi Anda yang ingin mencoba kopi arabika sekarang tidak perlu lagi datang ke café. Anda bisa membuat secangkir kopi arabika nikmat di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Hal ini dikarenakan ada Nescafe Dolce Gusto yang menghadirkan varian kopi yang terbuat dari 100% kopi arabika.

Kopi dalam bentuk kapsul kopi ini dirancang agar Anda bisa membuat kopi dengan praktis dan cepat. Cukup gunakan alat pembuat kopi elektrik dari Nescafe Dolce Gusto maka Anda sudah bisa membuat espresso sendiri. Saat ini, Anda bisa memilih antara varian Grande Insento atau Espresso Intense yang memiliki rasa lebih netral.

Dengan hadirnya Dolce Gusto, Anda bisa membedakan sendiri rasa serta aroma kedua kopi tersebut. Meskipun Anda bukan jarang minum kopi, mengetahui beda robusta dan arabica bisa menambah pengetahuan. Hal ini dikarenakan kopi bisa memengaruhi kesehatan terutama kesehatan lambung. Jadi, bagi yang memiliki masalah lambung sebaiknya cari informasi yang lebih detail.